Home » » Cara Atasi Baterai Laptop/ Notebook Drop

Cara Atasi Baterai Laptop/ Notebook Drop

Trimuda Reog | 15.59 | 3komentar
Dalam berbagai kasus kita sering menemukan bermacam-macam masalah dalam notebook/ laptop. Salah satunya yaitu yang kita bahas kali ini cara Mengatasi Baterai Laptop/ Notebook Drop. Nah sebelum kita bahas lebih lanjut, mari sobat kita sejenak mengenal apa itu baterei dan bagaimana masa pakai baterei.

Saat ini sebagian besar notebook yang beredar Baterai lithium ion yang lebih ringan dibandingkan dengan NiCAD yang digunakan sebelumnya.
Lithium ion yang sekang dipergunakan lebih mudah perawatannya karena Sobat tidak perlu menunggu habis baru bisa melakukan recharge ulang untuk mengisinya lagi. Jadi, dalam keadaan belum habis pun tidak diharamkan untuk melakukan pengisian ulang. Akan tetapi, yang perlu diingat, baterai lithium ion tidak dapat disimpan dalam waktu lama tanpa dipakai sama sekali. Baterai ini akan rusak karena senyawa baterai akan mengering.

Lalu bagaimana baiknya? Saya akan mencoba memberikan tips yang mudah supaya baterai lebih lama masa pakainya. Sobat tidak perlu takut baterai pada notebook akan rusak karena adaptor terus menerus terpasang. Adaptor yang diberikan pada paket penjualan akan memutuskan arus listrik bila baterai telah penuh. Jadi, Sobat tidak perlu takut baterai akan over-charge.


Ada baiknya Sobat biasakan dua atau tiga hari sekali menghabiskan daya baterai dengan cara menggunakan daya baterai saja saat digunakan dan bila warning low baterai muncul, Sobat tinggal memasang adaptor kembali. Bila Sobat seseorang yang sering menggunakan notebook di luar ruangan maka secara tidak sadar Sobat melakukan ini berulang kali.


Hal ini persis sama dengan kebiasaan banyak pengguna handphone. Pada saat kosong atau Sobat beristirahat malam lagi, Sobat akan mengisi daya baterai. Satu hal yang perlu diingat, baterai juga mempunyai masa pakai, sehingga akan terjadi penurunan daya baterai sedikit demi sedikit seiring dengan berjalannya waktu.


Should I remove the battery when A/C is plugged in?


Many laptop users have this question and we will answer it right now:
The answer is: YES and NO, it depends on the situation.

Having a battery fully charged and the laptop plugged in is not harmful, because as soon as the charge level reaches 100% the battery stops receiving charging energy and this energy is bypassed directly to the power supply system of the laptop.

However there's a disadvantage in keeping the battery in its socket when the laptop is plugged in, but only if it's currently suffering from excessive heating caused by the laptop hardware.

So:
In a normal usage, if the laptop doesn't get too hot (CPU and Hard Disk around 40ºC to 50ºC) the battery should remain in the laptop socket;

In an intensive usage which leads to a large amount of heat produced (i.e. Games, temperatures above 60ºC) the battery should be removed from the socket in order to prevent unwanted heating.

The heat, among the fact that it has 100% of charge, is the great enemy of the lithium battery and not the plug, as many might think so.

Itu yang saya pahami silahkan diterjemahkan sendiri.

Microsoft Fix IT untuk memperpanjang umur baterai laptop battery dan memperbaiki konsumsi baterai


Laptop atau netbook yang dipakai selama berjam-jam kendalanya di baterai. Untuk membantu pengguna laptop atau Netbook dalam memperbaiki masalah konsumsi daya terkait dan memperpanjang masa pakai baterai, saat ini Microsoft telah merilis software yang secara otomatis mendeteksi pengaturan sistem yang dapat mempengaruhi penggunaan daya listrik, seperti pengaturan time-out dan sleep, pengaturan tampilan, dan screensaver, serta mengembalikannya ke pengaturan awal (default).

Microsoft Fix it membantu memperpanjang baterai laptop atau netbook dengan memperbaiki 5 faktor di bawah ini
:


Periode waktu sebelum komputer masuk untuk sleep mode diatur terlalu panjang.

Penggunaan screen saver bukan mengatur komputer memasuki sleep mode.

Kecerahan diatur terlalu tinggi.

Pengaturan power manajemen tidak diatur dengan benar.

Adaptor nirkabel tidak dioptimalkan untuk penghematan daya

Nah, untuk memperpanjang umur baterai microsoft memberikan solusi, silahkan download Microsoft Fix It dan jalankan program itu. Untuk downloadnya silahkan cari di mbah google banyak tersedia.

Demikian trik Mengatasi Baterai Laptop/ Notebook Drop kali ini, semoga bermanfaat.
Share this article :

3 komentar:

  1. tanks info tips nya gan

    ...salam

    BalasHapus
  2. Baterai laptop saya tidak dapat mengisi meskipun sudah di charge lama... Wkt itu sempet bisa ngisi,, namun cepat habis (ngedrop).. Dicoba lagi tidak bisa...
    trs,, saya baca di beberapa situs internet,,, ada yang menyarankan dengan memasukkan baterai ke dalam freezer.. tentunya baterai tersebut sudah di plastikin..
    yang jadi pertanyaannya:
    1. Apakah cara tersebut aman untuk laptop kita??
    2. Tujuan dari dimasukkan ke freezer itu untuk apa??
    3. Apakah dengan memasukkan baterai ke dalam freezer tidak akan membuat baterai menjadi beku?? Misalnya saja seperti buah pepaya atau buah yg lain yang dibungkus plastik trs dimasukkan ke freezer bisa jadi beku.. bagaimana jika baterai yang dimasukkan ke freezer... Apakah didalam baterainya tidak akan basah karna beku tadi??
    4. Apakah dengan memasukkan baterai ke dalam freezer,, kemudian di pasang dan di charge,,, tidak akan menyebabkan laptop meledak??

    BalasHapus
  3. Oke terimakasih sudah bertanya. akan saya jawab sesuai kemampuan saya.
    Memasukan baterai ke dalam frezzer hanya untuk me reduce panas baterai tersebut. Tetapi tidak akan berfungsi apabila baterai tersebut sudah bocor. Anda bisa melihat nya dari bentuk fisik nya apabila sudah mengelembung atau bunting. Saran saya untuk menambah life time baterai anda dengan cara.
    1. Biasakan charge baterai bila sudah benar2 habis, hindari charge baterai bila blim benar2 habis
    2. Hindari charge baterai yang terlalu lama. Cabut segera bila sudah full. Jangan charge menemani anda tidur,terkecuali anda tau persis durasi pengisian baterai anda dan waktu bangun anda.

    jawaban saya ;

    1. cara tersebut tidak berpengaruh sama sekali untuk mesin/ componen laptop kita asalkan caranya benar.
    2. ada beberapa kasus baterai ngedrop akan tetapi tidak ngedrop banget. he'ee itu bisa di atasi dengan cara yang anda maksud ( baterai dimasukkan dalam plastik atau alumunium foil supaya tidak terkena embun air dari es, kemudian ditaruh dalam freezer alias kulkas) itu bisa dapat me reduce panas baterai kita. itu akan menambah separoh kekuatan baterai kita, misal pada saat drop cuma 1 jam. dengan cara tersebut bisa tambah sampai dua jam. saya pernah membuktikan. asalkan caranya seperti tadi, jangan sampai ada celah plastik pembungkus baterai.
    4. tidak akan...... believe me. :D

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak Dengan Berkomentar ya! Terimakasih

Daftar Kategori

 
Alamat: Talun | Ngebel | Ponorogo
Copyright © 2011. PUISI DAN PENDIDIKAN - All Rights Reserved
Template Modify by Cah Ngebel
Proudly powered by Blogger