Home » , » Lindungi Kiyai, Ratusan Pendekar Pagar Nusa Digembleng

Lindungi Kiyai, Ratusan Pendekar Pagar Nusa Digembleng

Trimuda Reog | 23.42 | 0 komentar
Sekitar 500 pendekar Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa mengikuti gemblengan khusus di halaman Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, Jum’at (31/5) siang.

Gemblengan ini dilakukan dalam rangka menyambut hari lahir (harlah) ke-90 tahun NU dan Konferensi Wilayah (Konferwil) NU Jawa Timur. Selain itu gemblengan khusus ini dilakukan untuk melindungi para kiai NU yang mulai diusik oleh kelompok garis keras seperti MTA.

“Sekarang ini sudah ada kelompok-kelompok baru yang menyerang tradisi keagamaan yang sudah dijalankan semenjak lama, seperti tahlil dan istighitsah. Mereka juga sampai mengancam kiai NU,” kata Pembina Pagar Nusa Jombang, Ainurrofiq.

Para pendekar mengikuti praktek dan gemblengan bersama Mbah Syamsul atau dikenal dengan Kiai Landep, teman seangkatan Gus Maksum. Kiai Landep memberikan kemampuan kepada para pendekar daalam menangkal santet, hipnotis, serta kekebalan, baik senjata maupun ledakan.

Menurut Airurrofiq, gemblengan kali ini lebih dimaksudkan untuk berjaga-jaga dari segala kemungkinan, dap para pendekar sudah siap untuk mengikuti intruksi. “Kita memang sudah cukup lama bersabar,” katanya singkat.

Tags: Pagar Nusa, Pencak silat, NU, pendekar pagar nusa
Share this article :

14 0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Dengan Berkomentar ya! Terimakasih

Daftar Kategori


close
cbox
 
Alamat: Talun | Ngebel | Ponorogo
Copyright © 2011. PUISI DAN PENDIDIKAN - All Rights Reserved
Template Modify by Cah Ngebel
Proudly powered by Blogger