Home » » Komputer Hang???

Komputer Hang???

Unknown | 08.42 | 0 komentar
Jika kita sedang memakai komputer lalu tiba-tiba hang, memang sangat menjengkelkan.
Apa lagi jika sedang dikejar pekerjaan.

Maka tips dari kami untuk pengecekan awal dan pencegahan adalah :

1. Lakukan pengecekan virus dengan menggunakan antivirus yang aktif dan terupdate. Bisa jadi penyebab hang adalah adanya virus yang sedang aktif bekerja.

2. Lihatlah aplikasi-aplikasi  yang sedang dibuka. Jika terlalu banyak aplikasi yang dibuka dalam bersamaan bisa jadi overload, processor dan memory tidak sanggup melakukan proses. Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang dibuka, jika di Ms Windows, lihatlah di pojok kanan bawah desktop, ada ikon-ikon yang aktif atau lihat di Control Panel – Device Manager -  Task Manager, akan terlihat aplikasi yang sedang aktif.

3. Untuk mengurangi terjadinya hang, jika banyak aplikasi yang sudah tidak terpakai atau memang tidak digunakan maka aplikasi tersebut bisa di delete. Lihat di menu program dari aplikasi tersebut jika ada pilihan uninstall bisa lakukan atau melalui Control Panel – Add or Remove Program.

4. Cek juga dokumen dan data yang tidak terpakai lagi, bisa di delete juga. Agar ruang penyimpanan bisa lebih besar.
Jangan membuka attachment /file lampiran dari email yang kita tidak kenal, karena bisa jadi itu adalah virus atau program yang berbahaya.

5. Lakukan Defragment secara rutin terhadap harddisk kita, agar tertata rapi susunan datanya. Dengan cara: masuk ke Control PanelDisk Management Defragment, pilih harddisk/partisi yang akan di defrag.

6. Biasakan melakukan proses mematikan komputer dengan normal yaitu melalui proses shutdown.

7. Jika bisa ada UPS (baterai) agar jika terjadi mati listrik, komputer tidak mendadak mati sehingga mengurangi kerusakan pada komputer.

Nah itu langkah awal yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Share this article :

14 0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Dengan Berkomentar ya! Terimakasih

Daftar Kategori


close
cbox
 
Alamat: Talun | Ngebel | Ponorogo
Copyright © 2011. PUISI DAN PENDIDIKAN - All Rights Reserved
Template Modify by Cah Ngebel
Proudly powered by Blogger