Home » , , » Kisah Euclides Tentang Ilmu

Kisah Euclides Tentang Ilmu

Trimuda Reog | 16.49 | 0 komentar
Euclides(300SM) mendapati salah seorang muridnya bertanya apa yang dapat dia peroleh dari mempelajari geometri. Euclides menjawab dengan sinis, "Berikan dia uang tiga picis, sebab ia hanya ingin mendapat untung dari apa yang dia pelajari."
~
Pada jaman orang Yunani tidak seorangpun beranggapan kalau belajar geometri kerucut memiliki manfaat. Namun, ketika Galileo menemukan bahwa gerak peluru berbentuk parabola dan Kepler menemukan bahwa gerak planet ternyata berbentuk elips, tiba-tiba saja karya orang Yunani yang didasari rasa cinta kepada teori menjadi sebuah kunci utama dalam peperangan dan astronomi.
Manfaat ilmu (imu apa saja) kadang baru menemukan bentuk dan kegunaan setelah puluhan bahkan ratusan tahun.
~
Penicilin hampir menjadi fosil sejarah dan sampai akhir hidupnya, Alexander Flemming mengira ia telah gagal total, sampai akhirnya catatan Fleming ditemukan Howard Walter Florey dan Ernst Boris Chain yang menyempurnakan hasil penelitian Fleming sehingga Penicilin menjadi salah satu revolusi dalam kedokteran dan Flemming sendiri dianggap sebagai salah satu 100 tokoh paling berpengaruh dalam sejarah manusia.



Dikutip: Dari Berbagai Sumber

Share this article :

14 0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Dengan Berkomentar ya! Terimakasih

Daftar Kategori


close
cbox
 
Alamat: Talun | Ngebel | Ponorogo
Copyright © 2011. PUISI DAN PENDIDIKAN - All Rights Reserved
Template Modify by Cah Ngebel
Proudly powered by Blogger